Fungsi Flow Meter dan Aplikasi flow meter di dunia industry

Untuk persoalan power flowmeter kebanyakan pada gauge atau pembacaan ada dua yakni pembacaan bersama manfaatkan mechanical register yang manfaatkan jarum yang diteruskan ke sistem angka dan ada juga yang sistem pembacaanya secara digital.

Untuk tipe pembacaan manfaatkan mechanical register sering populer bersama makna flow mtr. biasa, flowmeter analog atau flow mtr. manual.

 Jenis Flow Meter Adalah kebanyakan tidak manfaatkan flow sensor namun manfaatkan tipe area volume layaknya tipe rotameter atau pd flow meter. Dan flow mtr. bersama tipe gauge atau mechanical register pada kebanyakan tidak membutuhkan energy power atau listrik.

Sedangkan pada tipe pembacaan digital kebanyakan  manfaatkan sistem sensor layaknya magnetic flow mtr. manfaatkan sensor berwujud electrode, ultrasonic flow mtr.

bisanya manfaatkan sensor berwujud ultrasonic transducer, coriolis flow mtr. manfaatkan sensor coriolis yang sanggup membaca force yang sanggup menghasilkan mass flow dan seterusnya.

Flow mtr. yang digital kebanyakan dioperasikan bersama power AC berasal dari 90 VAc hingga 240 VAc, power DC berasal dari 12 VDc hingga 36 VDc atau ada juga bersama penggunaan Battery yang sanggup bertahan hinggga 2 th. – 5 tahun.

 Begitu juga output bukan saja pembacaan di display namun juga sanggup beri tambahan analog output 4 – 20 mA, Pulse, alarem dan comunication RS485. Jadi lumayan lengkap bagi kita yang dambakan hasil pengukuran flow sensor jikalau di hubungkan ke control, komunikasi ke computer atau remote sitem layaknya keGPRS atau sistem internet.

Akurasi Flow Meter

Akurasi flow mtr. lumayan bervariasi, cocok bersama tipe dan tipe berasal dari flowmeter yang diproduksi. Ada yang membawa akurasi 5%, 2%, 1%, 0.5% bahkan ada yang 0.2 prosen dan lebih baik. Untuk tipe flow mete air kebanyakan kisaran yang dikehendaki jikalau untuk kwalitas sistem dan product meraih 0.5% hingga 1%.

Sedangkan jikalau digunakan untuk irigasi dan pemantauan flow rate untuk menajga performa mesin layaknya pada sistem pendinginan mesin kebanyakan berkisar pada angka 2% hingga 5%.

Fungsi Flow Meter dan Aplikasi flow mtr. di dunia industri

Di dunia industri layaknya industri automotiv, industri makanan dan minuman, industri kimia, industri pengolhan limbah, Fungsi flowmeter  sanggup digunakan untuk :

Menenetukan kecepatan aliran suatu fluida dalam sistem tertutup atau jaringan pipa

Menghitung flow rate atau debit air dalam pipa maupun aliran terbuka layaknya parit atau sungai

Dapat mengecek performa suatu mesin atau pompa layaknya pada sitem pendingin, cooling tower atau lainnya

Dapat untuk mengukur dan tahu suatu volume atau massa suatu fluida yang melewati flow meter

Flow mtr. juga berfaedah sebagai control pada suatu sistem dikala output dihubungkan ke plc