Fungsi Manajemen Pemasaran Digital dalam bisnis

Manajemen pemasaran atau yang sering disebut marketing management merupakan tidak benar satu model manajemen yang diperlukan untuk seluruh bisnis.

 Marketing management ini menyangkut produk atau jasa konten tiktok sehingga lebih dikenal konsumen. Oleh sebab itu, pihak perusahaan perlu menyadari diskursus lengkap terkait management marketing ini.

Manajemen pemasaran (marketing management) perlu diperhatikan oleh sebuah organisasi atau perusahaan sebab berkontribusi banyak hal untuk kelancaran proses pemasaran produk.

Manajemen pemasaran termasuk bertugas mengukur dan menganalisis strategis proses pemasaran suatu perusahaan maupun organisasi.

Manajemen pemasaran bertugas terlalu penting didalam perusahaan atau organisasi sebab bersama dengan terdapatnya manajemen pemasaran perusahaan dapat menggapai tujuan pasar yang di idamkan dan mendapat lebih banyak konsumen.

 lihat penjelasan selanjutnya ini berkenaan manajemen pemasaran yang berisi ulasan berkenaan pengertian, tujuan, tugas pokok, dan rencana manajemen pemasaran.

Pengertian Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran (marketing management) merupakan anggapan perencanaan, implementasi, dan pengendalian atas program-program yang didesain untuk menciptakan, membangun dan merawat pertukaran yang untungkan bersama dengan konsumen sasaran untuk menggapai tujuan-tujuan organisasional atau tujuan-tujuan perusahaan.

Menurut Kottler dan Keller (2012) menyatakan bahwa marketing management as the art and science of choosing tujuan market and getting, keeping, and growing customers through creating, delivering, and communicating superior konsumen value.

Manajemen pemasaran (marketing management) berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan juga pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan pelihara pertukaran yang untungkan bersama dengan konsumen sasaran untuk menggapai tujuan perusahaan.

Sedangkan manajemen adalah proses perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), pengarahan (directing), dan pengawasan (controlling).

Manajemen pemasaran merupakan suatu usaha untuk merencanakan, menerapkan yang terdiri dari kesibukan mengorganisasikan, mengarahkan dan juga mengawasi atau mengendalikan kesibukan pemasaran didalam suatu perusahaan sehingga tercapai tujuan perusahaan secara efektif dan efektif.

Menurut Sofyan Assauri (2013) manajemen pemasaran merupakan suatu kesibukan penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian program-program yang dibuat untuk membentuk, membangun, dan pelihara keuntungan dari pertukaran melalui sasaran pasar fungsi menggapai tujuan perusahaan didalam jangka panjang.

Philip (2005) termasuk menyatakan bahwa manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan, pemikiran, penetapan harga promosi, dan juga penyaluran barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi sasaran-sasaran individu didalam organisasi.

Manajemen pemasaran melibatkan pengaturan tujuan dan sasaran pemasaran, pengembangan rencana pemasaran, pengaturan manfaat pemasaran, penerapan rencana pemasaran ke didalam tindakan, dan juga mengontrol program pemasaran.