Komponen Utama Pada Flow Meter

Ada 2 bagian utama Komponen flow mtr.  yakni magnetic flow sensor dan  flow transmitter. Jenis berasal dari flow transmitter

Flow sensor

Flow sensor kerap disebut dengan flow tube atau transducer yang merupakan bagian paling perlu berguna sebagai sensor untuk menangkap tingkah laku aliran suatu fluida.  

Flow sensor ini umumnya berpengaruh apada size flow mtr. yang dapat membawa pengaruh pada besarnya nilai kecepatan aliran.

Untuk flow sensor terkandung beberapa komponan cocok dengan style dan style flow meternya. Yang biasa menjadi acuan adalah Maxksimal kapasitas, size Flow Meter Tokico, style koneksi, power supply, material pipa dan spesifikasi liquid.

Untuk bahan material berasal dari flow sensor disesuaikan dengan material pipa, spesifikasi fluida, temperature, pressure, dan IP class. Selain itu harus di informasikan apakah diperlukan material yang punya kelas food grade, tahan asam dan tahan abrasive.

Saat anda harus menentukan style flow sensor Yang membuat ragu dikarenakan kwalitas dan kinerjanya sama, sebaiknya anda menjatuhkan pilihan pada style flow sensor yang tidak membawa komponen sensor bergerak.

Adanya sensr bergerak ini dapat membuat kinerja flow mtr. dapat menurun cocok dengan sementara pemakaian dikarenakan adanya keusan pada komponen as atau bearing pada flow sensor.

Keausan atau terganggunya gerakan komponen flow sensor ini membuat kinerja flow mtr. menurun, cost maintenance mahal atau beresiko flow mtr. dapat macet.

Kemacetan flow sensor umumnya dikarenakan adanya partikel2 di dalam fluida yang tidak homogen seperti kotoran atau partikel solid.

Begitu juga untuk flow mtr. yang tidak homogen atau dikarenakan tersedia aliran gas atau bubble yang membuat perhitungan flow mtr. membawa akurasi yang buruk.

Flow Transmitter

Flow transmitter atau flow indicator atau flow display atau disebut dengan converter atau flow computer berguna untuk membaca menagkap signal yang dikirim oleh flow sensor. Sesuai dengan teknology yang digunakan flow transmitter dapat memproduksi signal yang di konversikan pada flow velocity atau mass flow.

 Satuan pembacaan pada flow transmitter yang ditampilkan bisanya berwujud units  jarak per waktu, mass per sementara atau putaran perwaktu. Hasil pembacaan selanjutnya sementara di kombinasikan pada volume atau luas penampang mampu di tampilkan ke totalizer atau debit yang membawa unit total volume atau total mass.

Flow transmitter juga mampu memberikan outpput berwujud analog atau counting yang tampil ke layar atau display, arus 4 – 20 mA, Pulse, Alarm dan juga data berwujud komunikasi RS485.Pada style flow transmitter teretntu mampu juga di kompensasikan pada pergantian temperature dan pergantian pressure seperti pada style ultrasonic flow meter, magnetic flow meter, coriolis flow meter, thermal mass flowmeter serta vortex flow mtr. atau style flow sensor lainnya.