Truk Tambang dengan Mesin Super Besar, Dahsyat?

Sebagai kendaraan operasional pertambangan, dump truck atau truk tambang tentu didesain dengan dimensi ekstra besar, dan daya angkut yang super banyak. Tidak hanya dimensi dan daya angkut, untuk urusan performa truk tambang tentu memiliki mesin raksasa.

Dengan mesin berkapasitas besar, sudah pasti memiliki tenaga super besar. Dengan begitu, truk ini amat mampu diandalkan di beraneka medan, dan mampu membawa beraneka hasil tambang dengan jumlah besar dikarenakan torsi yang besar.

Nah, tersebut deretan truk yang memiliki mesin yang amat besar:

Liebherr T 282B

Untuk truk tambang dengan mesin besar pertama, yaitu Liebherr T 282B, yang dirancang terhadap 2004 oleh produsen Jerman. Truk ini memiliki berat 203 ton, dan mampu mengangkut 365 ton.

Untuk mesinnya, truk tambang ini dipersenjatai dengan unit V20 yang mampu mengembuskan daya sampai 3.650 TK. Namun, truk tambang ini hanya mampu berlangsung 64 km per jam dengan beban maksimum.

Caterpillar 797

Truk tambang Caterpillar 797 merupakan kendaraan operasional yang digunakan PT Freeport Indonesia, dan dibuat pertama kali terhadap 1998. Model ini terus diperbarui sampai dengan kala ini, dan udah memasuki generasi ketiga.

Untuk dimensinya, tinggi truk kala terisi muatan lebih dari 7 meter, dengan panjang 14 meter. Sementara total penampang bannya meraih 9,5 meter. Tidak heran pula terkecuali truk ini mampu menampung benda sampai berat 363 metrik ton per satu kali angkut.

Bagaimana dengan mesinnya? 797 The Cat, demikianlah truk raksasa ini lebih dikenal di dunia pertambangan, memanfaatkan mesin diesel raksasa 24 quad-turbo V24 yang hasilkan tenaga 3.793 Tk. Ketika terus menerus hidup, truk ini konsumsi solar sebanyak 250 liter per jam inilah yang disampaikan oleh salah seorang pen Jual Dump Truck.